Konsumsi Daging Olahan Dapat Memicu Diabetes
Olahan daging merah seperti hot dog dan irisan daging, akan membuat anda menjadi gemuk dan memberi Anda penyakit jantung hingga meningkatkan risiko diabetes. Menurut para peneliti dari Harvard School bagian Kesehatan Masyarakat, daging olahan memiliki hubungan yang sangat erat dengan diabetes. Hanya dengan mengkonsumsi dua iris daging atau satu hot dog, dapat meningkatkan lebih dari 50 persen resiko terkena diabetes. Analisis ini, muncul 10 Agustus online dalam American Journal of Clinical Nutrition, berdasarkan data dari tiga studi utama yang meliputi lebih dari 200.000 orang dewasa, beberapa di antaranya telah diikuti selama hampir 30 tahun.
Para peneliti mengungkapkan bahwa daging merah olahan seperti daging sapi atau babi juga meningkatkan resiko diabetes, tetapi tidak pada tingkat yang sama. Hal ini dapat memicu para pemakan daging untuk beralih ke makanan lain yang menurunkan resiko diabetes. Diabetes, hampir tidak dikenal abad yang lalu. Namun diabetes kini merupakan pandemi dan mempengaruhi lebih dari 10 persen orang dewasa AS, atau sekitar 25 juta orang. Diabetes berhubungan erat dengan obesitas, dan telah meningkat secara paralel dalam beberapa tahun terakhir.
Penelitian yang dipimpin oleh Pan An dari Harvard, difokuskan pada daging merah. Kelompok Pan menunjukkan hubungan antara daging merah olahan dengan diabetes. Hal ini disebabkan nitrit dan nitrat yang sering digunakan untuk mengawetkan daging. Bahan kimia ini mengkonversi nitrosamine ke dalam perut, yang beracun bagi sel-sel pankreas dan meningkatkan resiko diabetes pada hewan, kata para peneliti. Peningkatan 50 persen dalam resiko diabetes berlaku bagi siapapun, baik langsing atau gemuk. Kelebihan berat badan atau tidak berolahraga menimbulkan resiko tambahan lainnya.
Ada bagian 2 yang dihasilkan dalam penelitian ini, yaitu bahwa para pemakan daging dapat menggantikan satu porsi daging merah (diolah atau diproses) dengan porsi kacang per hari atau mengganti susu rendah lemak, sebuah 17 - persen lebih rendah risiko, dan mengganti biji-bijian, risiko 23-persen lebih rendah.
Ini berarti bahwa roti gandum mungkin pelengkap sempurna untuk hotdog, jika Anda tetap sehingga terpaksa makan satu. Reinventing diet Anda mungkin lebih bijaksana dalam jangka panjang, meskipun.
*Sumber : livescience.com/Kartika Maharani