Pencegahan Katarak Melalui Jus Wortel
katarak adalah kekeruhan pada lensa, dimana bagian dari mata ini berfungsi layaknya lensa di kamera. Katarak dapat mengaburkan pandangan dan bahkan mampu menghilangkan pandangan. Sebagian besar katarak berkaitan dengan penuaan.
Peneliti dai universitas Harvard meneliti apakah mengkonsumsi suplemen beta karoten mampu melindungi mata dari katarak terkait dengan usia. Dalam beberapa kasus, beta karoten tampaknya tidak menurunkan risiko terkena katarak. Beta-karoten adalah antioksidan yang berfungsi melindungi sel-sel terhadap kerusakan. Antioksidan dapat ditemukan ditemukan dalam banyak makanan termasuk buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa daging, unggas dan ikan.
Wortel mengandung beta-karoten, pigmen oranyenya juga ditemukan dalam bayam, ubi jalar, selada daun hijau, labu musim dingin, melon, dan brokoli. Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang diperlukan untuk penglihatan normal. Kurangnya vitamin A dapat menyebabkan masalah pada penglihatan.
Hasil studi beta-karoten suplemen untuk pencegahan katarak tidak jelas. Studi lebih lanjut diperlukan sebelum ditarik sebuah kesimpulan. Setelah dipelajari betakaroten ternyata memiliki dampak positif terhadap berbagai gangguan, tidak hanya pada katarak semata. Diantaranya :
- Penyakit Alzheimer
- Angioplasty
- Kanker
- Penyakit kardiovaskular
- Osteoartritis
- Stroke
- Tabir surya
- Luka lambung
The American Heart Association merekomendasikan memperoleh antioksidan, termasuk beta-karoten dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian bukan melalui suplemen.
*Sumber : myhealthnewsdaily.com/Kartika Maharani
saya sudah lama mengetahui manfaat wortel untuk kesehatan mata, namun untuk pencegahan katarak nampaknya harus diteliti lebih lanjut.
tongkat ali recently posted..What is Tongkat Ali?
Reply