Haruskan Mengkonsumsi 8 Gelas Air Sehari?

airRekomendasi minum enam sampai delapan gelas air sehari untuk mencegah dehidrasi "tidak hanya omong kosong, tetapi benar-benar debunked omong kosong," ujar Margaret McCartney di online minggu ini British Medical Journal (BMJ ). Saat ini tidak ada bukti yang jelas manfaat dari minum dengan sejumlah air,tambahnya.

McCartney berpendapat bahwa tidak ada bukti untuk mendukung klaim ini. Dia menemukan beberapa penelitian yang menunjukkan tidak ada bukti yang jelas manfaat dari minum peningkatan jumlah air dan mungkin ada bahaya yang tidak diinginkan melalui saran untuk minum lebih banyak air.

"Tampaknya, karena itu, air yang tidak solusi sederhana untuk beberapa masalah kesehatan," tulisnya.

Misalnya, peningkatan asupan air pada anak-anak dapat meningkatkan konsentrasi dan performa mental belum dikonfirmasi oleh penelitian, sedangkan data yang berkaitan minum air untuk pengurangan pada anak-anak kelebihan berat badan cenderung samar.

Sementara ada beberapa kondisi yang menghasilkan manfaat dari meningkatnya jumlah air minum, seperti pada penderita batu ginjal, namun tidak pada penyakit lain, ujarnya. Dengan kata lain, ini adalah situasi yang kompleks dan tidak mudah diperbaiki dengan memberitahu semua orang untuk minum lebih banyak. Dia menyimpulkan, "ada banyak organisasi dengan kepentingan pribadi yang ingin memanipulasi dokter dan pasien terhadap orang banyak mengenai konsumsi air dalam jumlah tertentu".

 

 

*Sumber : newscientist.com/Kartika Maharani

Leave a Reply

CommentLuv badge