Khasiat Mengkonsumsi Makanan Berbahan Dasar Ikan

 

ikanMakanan berbahan dasar ikan sanagt mudah dijumpai diberbagai negara. Dengan cara memasak yang berbeda-beda. Baik dengan cara digoreng hingga dikukus. Penggemarnya pun tidak sedikit jumlahnya. namun dibalik kelezatannya, tersimpan khasiat sesungguhnya dalam masakan berbasis ikan ini.

Peneliti studi Usha Ramakrishnan, seorang profesor kesehatan global di Emory dan tim menyelidiki manfaat jangka panjang penggunaan DHA. "Kami tertarik pada implikasi jangka panjang dari DHA, jika anak-anak bisa tumbuh dengan lebih baik dan lebih pintar," kata Ramakrishnan.

DHA yang banyak terdapat dalam tubuh ikan ini sama seperti dengan nutrisi lainnya. Dimana pemanfaatannya dapat ditentukan atau disesuaikan dengan dosis yang dibutuhkan ketika mengkonsumsinya. Seperti, vitamin C yang dapat memberikan manfaat untuk menangkal pilek, namun bila dikonsumsi secara berlebihan tidak akan mendatangkan manfaat yang lebih besar dan malah akan membahayakan dalam beberapa kasus.

Seperti halnya ketika peneliti mengkaji beberapa anak yang terserang flu, ruam dan buti muntah dapat bertahan lebih lama dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA.

Sedangkan menurut Philip Calder, seorang profesor epidemiologi nutrisi di University of Southampton di Inggris, menemukan banyak orang yang memiliki kekurangan DHA. DHA tambahan tidak menguntungkan orang yang sudah mendapatkannya pola makan mereka. Sementara para peneliti masih meneliti manfaat DHA dan dosis yang tepat untuk menggunakannya secara.

 

 

*Sumber : livescience.com/Kartika Maharani

 

 

 

 

Leave a Reply

CommentLuv badge