Minuman Bersoda Mampu Memicu Obesitas
Studi baru menemukan bahwa negara dengan kebijakan yang dirancang untuk menghilangkan makanan siap saji dari kantin sekolah dapat mengurangi kesenjangan dalam mengkonsumsi soda di kalangan remaja dari kelompok ras dan etnis yang berbeda.
Studi ini menemukan bahwa di beberapa negara yang melarang penjualan junk food di kantin sekolah, dimana konsumsi soda harian telah menurun dua kali lebih banyak di kalangan siswa hitam dari semua siswa. keseluruhan konsumsi soda oleh mahasiswa di beberapa negara yang melarang rata-rata 0,09 porsi soda per hari. Tetapi di antara siswa kulit hitam, hal itu menurun 0,19 porsi per hari, setara dengan 50 kalori lebih sedikit.
Soda secara luas dianggap sebagai kontributor untuk peningkatan obesitas karena telah dikaitkan dengan asupan energi berlebih dan berat badan menurut beberapa penelitian. Ini menjadi sumber asupan energi yang lebih besar di kalangan remaja selama periode yang sama dimana prevalensi obesitas meningkat. Namun, para peneliti tidak menemukan penurunan indeks massa siswa tubuh (BMI) setelah kebijakan, yang diadopsi dalam menanggapi tren remaja obesitas.
Ini mungkin bahwa 50 kalori per hari pengurangan terlalu kecil untuk mengubah berat badan siswa, atau bisa juga siswa berkompensasi untuk melakukan penurunan konsumsi soda dan meningkatkan asupan lainnya makanan atau minuman, kata para peneliti. Penelitian ini dibatasi oleh ketergantungan pada diri pelaporan oleh para pelajar tentang konsumsi soda mereka dan tentang tinggi dan berat badan, yang digunakan untuk menghitung BMI mereka, kata para peneliti. Penelitian ini diterbitkan di American Journal of Public Health
*Sumber : livescience.com/Kartika Maharani