Khasiat Vitamin D Bagi Penderita Kanker Payudara
Dosis tinggi vitamin D mampu mengurangi nyeri sendi dan otot untuk pasien kanker payudara daripada mengkonsumsi obat penurun estrogen menurut sebuah studi baru dari Washington University School of Medicine di St Louis. Obat-obatan, yang dikenal sebagai inhibitor aromatase, umumnya diresepkan untuk mengecilkan tumor payudara yang dipicu oleh hormon estrogen dan membantu mencegah kanker kembali. Namun banyak pasien merasakan ketidaknyamanan muskuloskeletal, termasuk nyeri dan kekakuan di tangan, pergelangan tangan, lutut, pinggul , punggung bawah, bahu dan kaki.
"Sekitar setengah dari pasien mengalami gejala tersebut," kata Antonella L. Rastelli, MD, asisten profesor kedokteran dan penulis pertama studi yang dipublikasikan di jurnal Kanker Payudara Penelitian dan Pengobatan ."Namun kami tidak tahu persis mengapa nyeri terjadi, sehingga tidak sedikit pasien yang memilih untuk berhenti melakukan aromatase inhibitor"
Rastelli mengamati 60 pasien yang mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan dengan anastrozol, salah satu dari tiga yang disetujui FDA inhibitor aromatase. Pasien dalam studi tersebut melaporkan rasa sakit yang mereka alami melalui tiga kuesioner yang berbeda. Mereka diminta untuk mengukur intensitas nyeri mereka, serta melaporkan berapa banyak rasa sakit yang mempengaruhi suasana hati mereka, pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang menerima dosis tinggi vitamin D setiap minggu melaporkan nyeri muskuloskeletal berkurang secara signifikan kurang, sehingga mengurangi rasa sakit yang kerap mengganggu aktifitas mereka sehari-hari. "Dosis tinggi vitamin D tampaknya benar-benar efektif dalam mengurangi nyeri muskuloskeletal disebabkan oleh inhibitor aromatase," kata Rastelli.
"Kita harus menindaklanjuti temuan ini lebih lanjut untuk menentukan pendekatan yang paling manjur dan aman untuk suplemen vitamin D pada pasien kanker payudara" kata Matthew J. Ellis, MD, PhD, penulis senior studi dan direktur Kanker Payudara Program di Alvin J. Siteman Cancer Center di Barnes-Jewish Hospital dan Washington University School of Medicine di St Louis.
Karena vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, terlalu banyak dapat menyebabkan tingkat tinggi kalsium dalam urin, yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Mungkin karena perannya dalam penyerapan kalsium, dosis tinggi vitamin D itu muncul untuk membantu mempertahankan kepadatan tulang pada leher femur, bagian atas tulang paha dekat sendi pinggul.
"Sangat menyenangkan bahwa kita memiliki sesuatu yang sederhana seperti vitamin D untuk membantu pasien mengurangi beberapa ini sakit dan mampu melindungi tulang" kata Rastelli
*Sumber : medicalxpress.com/Kartika Maharani